Follow us: Subscribe via RSS Feed Connect on YouTube Connect on YouTube

Askep sindroma hiperaktivitas,penkajian dan diagnosa keperawatan sindroma hiperaktivitas

Askep sindroma hiperaktivitas,bahasan ini merupakan kelanjutan dari bahasan terdahulu yaitu " Sindroma hiperaktivitas,pengertian,penyebab dan penanganan medis". pada askep sindroma hiperaktivitas ini mulai dari pengkajian keperawatan,diagnosa keperawatan pada sindroma hiperaktivitas, perencanaan keperawatan serta Discharge Planning dari penanganan sindroma hiperaktivitas .

Pengkajian keperawatan pada askep sindroma hiperaktivitas

1.    Kaji riwayat keluarga melalui wawancara atau genogram.
Data yang dapat diperoleh apakah anak tersebut lahir premature, berat badan lahir rendah, anoksia, penyulit kehamilan lainnyan atau ada faktor genetik yang diduga sebagai penyebab dari gangguan hiperaktivitas pada anak.
2.    Kaji riwayat perilaku anak.
    Riwayat perkembangan, dimana dulu seorang bayi yang gesit, aktif dan banyak menuntut, yang mempunyai tanggapan – tanggapan yang mendalam dan kuat, dengan disertai kesulitan – kesulitan makan dan tidur, kerap kali pada bulan – bulan pertama kehidupannya, sukar untuk menjadi tenang pada waktu akan tidur serta lambat untuk membentuk irama diurnal. Kolik dilaporkan agak umum terjadi pada mereka.
    Laporan guru tentang permasalahan – permasalahan akademis serta tingkah laku di dalam kelas.

Diagnosa Keperawatan pada askep sindroma hiperaktivitas

  • Kerusakan interaksi sosial
  • Gangguan konsep diri
  • Resiko tinggi penatalaksanaan program terapeutik tidak efektif
  • Resiko tinggi perubahan peran menjadi orang tua
  • Resiko tinggi kekerasan
  • Resiko tinggi mencederai diri sendiri

Perencanaan keperawatan askep sindroma hiperaktivitas

Intervensi keperawatan umumnya diimplementasikan pada pasien rawat jalan dan komunitas.
1.    Bantu orang tua dalam mengimplementasikan program perilaku agar mencakup penguatan yang positif.
    Latih kefokusan anak
Jangan tekan anak, terima keadaannya. Perlakukan anak dengan hangat dan sabar, tapi konsisten dan tegas dalam menerapkan norma dan tugas. Kalau anak tidak bisa diam di satu tempat, coba pegang kedua tangannya dengan lembut, kemudian ajak untuk duduk dan diam. Mintalah agar anak menatap mata anda ketika bicara atau diajak berbicara. Berilah arahan dengan nada lembut.
    Telatenlah
Jika anak telah betah untuk duduklebih lama, bimbinglah anak untuk melatih koordinasi mata dan tangan dengan cara menghubungkan titik – titik yang membentuk angka atau huruf. Selanjutnya anak diberi latihan menggambar bentuk sederhana dan mewarnai. Bisa pula mulai diberikan latihan berhitung dengan berbagai variasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Mulailah dengan penjumlahan atau pengurangan dengan angka-angka di bawah 10. Setelah itu baru diperkenalkan konsep angka 0 dengan benar.
    Bangkitkan kepercayaan diri anak
Gunakan teknik pengelolaan perilaku, seperti menggunakan penguat positif. Misalnya memberikan pujian bila anak makan dengan tertib. Tujuannya untuk meningkatkan rasa percaya diri anak.

    Kenali arah minatnya
Jika anak bergerak terus jangan panik, ikutkan saja dan catat baik-baik, kemana sebenarnya tujuan keaktifan dari anak. Yang paling penting adalah mengenali bakat anak secara dini.
    Minta anak bicara
Anak hiperaktif cenderung susah berkomunikasi dan bersosialisasi. Karena itu Bantu anak dalam bersosialisasi agar ia mempelajari nilai – nilai apa saja yang diterima di kelompoknya.
2.    Sediakan struktur kegiatan harian
Anak hendaknya mempunyai daftar kegiatan harian yang berjalan dengan teratur menurut jadwal yang ditetapkan dan hendaknya segera mengikuti serta melaksanakan kegiatan rutinnya itu, sebagaimana iharkn dari dirinya dan untuk itu anak dihadiahi kata – kata pujian.
Perangsangan yang berlebihan serta kelelahan yang sangat hebat hendaknya dihindarkan. Anak membutuhkan saat santai setelah bermain, terutama setelah ia melakukan kegiatan fisik yang kuat dan keras. Periode sebelum tidur harus merupakan masa tenang, dengan cara menghindarkan acara televisi yang merangsang, permainan yang keras dan jungkir balik.
3.    Beri obat stimulans sesuai instruksi.
a.    Stimulans dapat dihentikan sementara pada akhir pekan dan hari libur. Di mana untuk menentukan apakah kemampuan pengendalian yang dimiliki oleh anak itu sendiri telah mengalami suatu kemajuan.
b.    Stimulans tidak diberikan sesudah pukul 3 atau 4 sore, dimana efek samping stimulans adalah insomnia. Insomnia dapat dicegah dengan tidak lagi memberikan pengobatan perangsang setelah jam 3 sore serta mengatur sedemikian rupa, sehingga periode sebelum tidur itu merupakan saat yang tenang serta tidak merangsang.

Perencanaan Pemulangan (Discharge Planning) dan Perawatan di Rumah

1.    Didik dan bantu orang tua dan anggota keluarganya.
2.    Berkolaborasi dengan guru dan libatkan orang tua. Dorong orang tua untuk menjamin bahwa guru dan perawat sekolah mengetahui tentang nama, dosis dan waktu minum obat.
3.    Pastikan bahwa anak mendapatkan evalusi dan bimbingan akademik yang diperlukan. Memasukkan anak dalam kelas pendidikan khusus sering kali diperlukan.
4.    Pantau kemajuan dan respons anak terhadap pengobatan.
5.    Rujuk ke spesialis perilaku dan orang tua untuk mengembangkan dan mengimplementasikan rencana perilaku.

Hasil yang Diharapkan

1.    Prestasi di sekolah meningkat, dibuktikan oleh nilai dan tugas-tugas yang diselesaikan anak.
2.    Perilaku anak semakin baik menurut penilaian guru dan orang tua.
3.    Anak menunjukkan hubungan yang positif dengan teman sebaya.



DAFTAR PUSTAKA sindroma hiperaktivitas


L. Betz, Cecily, A. Sowden, Linda. Buku Saku Keperawatan Pediatri. Edisi 3. Alih Bahasa Jan Tambayong. Jakarta, EGC, 2002

Nelson. Ilmu Kesehatan Anak. Bagian 1. Alih Bahasa Hunardja S. Jakarta, Widya Medika, 2002

Nelson, Ilmu Pediatri Perkembangan. Alih Bahasa Moelia Radja Siregar. Jakarta, EGC, 1994

Pilliteri, Adelle, Child Health Nursing Care of The Child and Family. Philadelphia, Lippincott, 1999


demikian tentang askep sindroma hiperaktivitas ini mulai dari pengkajian keperawatan,diagnosa keperawatan pada sindroma hiperaktivitas, perencanaan keperawatan serta Discharge Planning dari penanganan sindroma hiperaktivitas, see you next time askepdb.blogspot.co.id
Share this article :

0 comments:

Posting Komentar

 
askepdb.blogspot.com © Copyright 2012. All Rights Reserved.
Created by: George Robinson.
Proudly powered by Blogger.
imagem-logoBack to TOP